Upaya optimalisasi kecepatan loading blog

Blogger Pemula, kali ini ingin berkisah tentang upaya optimalisasi kecepatan loading blog, yang untuk saat ini menjadi sebuah tuntutan yang harus dilakukan oleh seorang "blogger sejati" dalam rangka meningkatkan eksistensi situs atau blog yang dimilikinya, terutama di dalam kaitannya dengan memenangkan persaingan dalam menempati peringkat-peringkat kelas atas dalam daftar hasil pencarian mesin telusur (search engine) semacam Google atau Yahoo).

Upaya Optimasi kecepatan loading blog ini harus dilakukan secara serius dan benar-benar jeli di dalam menerjemahkan setiap kesalahan-kesalahan yang terdapat dalam rangkaian kombinasi script HTML Template blog yang kita pergunakan. Sebenarnya Google (sebagai raja search engine dunia) dalam hal ini telah memberikan fasilitas yang sangat mendukung yaitu Google PageSpeed Insight yang dapat dimanfaatkan oleh semua orang pemilik akun GMail. Setiap kesalahan yang terjadi, langsung akan dibantu dengan memberikan solusi-solusi pemecahannya.
Dengan memanfaatkan situs tersebut, Blogger Pemula dalam hal ini telah dapat meningkatkan kecepatan loading blog ini dengan sangat fantastis (mengingat blog ini hanya merupakan blog gratisan dengan platform blogspot). Hasil yang telah dicapai pun sungguh luar biasa, untuk itu perhatikan gambar hasil di bawah ini saat diukur dengan mempergunakan GTMetrix.

Blogger Pemula, gtmetrix score

Kecepatan loading tersebut hampir menyamai kecepatan loading situs yang dipergunakan untuk mengukur kecepatan blog Blogger Pemula itu sendiri. Berikut ini adalah kecepatan loading situs GTMetrix.

Blogger Pemula, GTMetrix Loading
Dari sisi Page Speed Grade, blog Blogger Pemula ini masih kalah, namun dari sisi YSlow Grade maupun Page Load Time, blog Blogger Pemula ini telah berhasil melebihi kecepatan GTMetrix sendiri.

Bagaimana hasil pemantauan kecepatan loading dengan mempergunakan Google PageSpeed Insight ? Berikut ini hasilnya.

Versi Mobile.

Blogger Pemula, mobile score

Score kecepatan untuk versi mobile mencapai angka 98/100.

Versi Desktop.

Blogger Pemula, desktop version

Score kecepatan untuk versi desktop mencapai angka yang sama, yaitu 98/100.

Pencapaian hasil yang sedemikian maksimal ini tidak dapat dilakukan secara begitu saja seperti membalik sebuah telapak tangan. Kita wajib dan harus mencari serta meneliti setiap kesalahan-kesalahan yang ada di dalam rangkaian template blog yang kita pergunakan, dan kemudian memperbaikinya dengan bantuan Google PageSpeed Insight tersebut.

Di dalam artikel yang berikutnya, penulis akan mencoba untuk mengulas cara-cara atau prakteknya secara bertahap dalam beberapa artikel yang merupakan lanjutan dari artikel ini.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

0 Response to "Upaya optimalisasi kecepatan loading blog"

Posting Komentar

==> Berkomentarlah dengan sopan, No SARA, No Pornografi
==> Jangan menyertakan "link aktif" maupun "link mati"
==> Jangan promosi dan menggunakan modus Anonimous
==> Jika ingin mendapat backlink, gunakan modus Name/Url