Strategi membangun backlink yang berkualitas

Blogger Blog, backlink berkualitasBlogger Blog, membangun backlink yang berkualitas di era MobileGeddon dewasa ini membutuhkan sebuah strategi jitu dengan memperhatikan berbagai faktor penting di dunia blogging. Selain faktor optimasi template blog yang maksimal, membangun backlink yang berkualitas hendaknya dilakukan dengan bersendikan konten-konten yang original dan berkualitas, serta bukan merupakan hasil copy-paste artikel-artikel milik orang lain atau blog-blog lainnya. Disamping itu untuk mendapatkan backlink hendaknya tidak dilakukan dengan cara membabi buta, namun harus tetap memperhatikan relevansinya dengan thema blog yang kita angkat.

Google search engine dengan seperangkat algoritmanya yang telah pintar dan peka akan lebih mudah meniadakan blog-blog yang melakukan praktek-praktek hitam dalam pola pencarian backlinknya. Sangat mudah bagi pihak Google untuk menghapuskannya dari daftar hasil pencariannya (SERP Google), dan bilamana hal ini terjadi, maka semua usaha kita membangun sebuah blog akan menjadi sia-sia dan tidak berarti lagi.

Sebelum kita melaksanakan proses pencarian backlink, ada baiknya kita menganalisa ulang keberadaan blog yang akan kita carikan backlink tersebut. Sudah pantaskah blog tersebut untuk kita carikan backlink dalam jumlah yang banyak, terutama berkaitan dengan konten-konten yang ada di dalamnya. Perlu kita hitung pula prosentase konten yang berkualitas (original) bila dibandingkan dengan konten-konten sampah (bisa jadi hasil copy paste). Bila hasil perbandingan telah mencapai prosentase 80 % atau lebih, maka kondisi blog anda telah siap untuk mencari dan mendapatkan backlink yang berkualitas tersebut.

Langkah berikutnya yang perlu kita analisa adalah berkaitan dengan tampilan blog, sudahkah blog tersebut mempergunakan model Responsive Template ? Sudahkan blog tersebut memiliki kecepatan loading yang bagus (sehingga dapat mengurangi prosentase bounce-rate) ? Contoh blog yang memenuhi kriteria tersebut (dalam arti telah menerapkan model Reponsive Template dengan kecepatan loading di atas rata-rata) adalah Info Blog. Selanjutnya bilamana kedua hal tersebut telah menjadi bagian integral dari blog anda, maka blog tersebut telah siap untuk mendapatkan backlink yang berkualitas itu.

Dengan telah memiliki senjata-senjata andalan sebagaimana telah penulis uraikan di atas, maka anda telah dapat memasuki tahap strategi membangun backlink yang berkualitas seperti uraian di bawah ini :

1. Memaksimalkan Kontekstual Backlink.
Kontekstual Backlink adalah merupakan jenis backlink yang terdapat pada sebuah artikel blog, bisa di bagian awal artikel, di bagian tengah artikel maupun di bagian akhir sebuah artikel blog. Kontekstual Backlink ini tergolong ke dalam backlink yang berkualitas karena bersifat "satu arah" artinya kita tidak perlu memberikan link balik kepada blog yang memberikan Kontekstual Backlink tersebut, singkat kata merupakan sebuah backlink yang kita peroleh secara cuma-cuma. 

Kontekstual Backlink ini memang tidak mudah untuk kita dapatkan, namun bilamana kita aktif dalam sebuah forum, maka kita sendiri dapat membuatnya saat kita menulis sebuah postingan atau thread pada forum-forum tersebut.

Selanjutnya bilamana kita menjadi penulis tamu dalam sebuah website atau blog, maka kita akan dengan mudah untuk membuat model-model Kontekstual Backlink ini dalam setiap tulisan-tulisan kita.

Langkah lain yang dapat kita gunakan untuk membuat Kontekstual Backlink ini adalah dengan memanfaatkan beberapa dummy-blog yang kita miliki, asalkan dilakukan dengan secara wajar dan harus selalu diupayakan se-natural mungkin.

2. Memaksimalkan fitur-fitur Social Bookmarking.
Backlink dari situs-situs Social Bookmarking dalam hal ini tetap kita perlukan sebagai bagian dari deversifikasi backlink yang kita peroleh. Memang, rata-rata backlink yang diberikan adalah bersifat "no-follow", namun hal ini tetap menjadi penting untuk mengimbangi backlink yang "do-follow" agar tidak dianggap spam oleh mesin-mesin telusur, terutama Google search engine (dengan berbagai macam algoritmanya).

Dengan memaksimalkan fitur-fitur Social Bookmarking ini kita dapat langsung mengarahkan backlink-backlink tersebut menuju halaman Home Page ataupun langsung mengarah ke Halaman Postingan blog, tergantung dari jenis Social Bookmarking yang bersangkutan.

3. Meninggalkan Komentar Blog.
Pola-pola blogwalking dengan meninggalkan komentar pada sebuah blog juga merupakan pola atau strategi pencarian backlink yang berkualitas, asalkan dilakukan dengan tanpa memunculkan praktek-praktek spam serta sesuai dengan thema artikel yang bersangkutan.

Usahakan komentar yang anda tinggalkan tersebut benar-benar berkualitas dan jangan hanya berupa sebuah kalimat yang pendek-pendek dan tidak tentu arahnya.

Demikianlah uraian penulis tentang strategi membangun backlink yang berkualitas versi Blogger Blog ini, semoga dapat bermanfaat.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

0 Response to "Strategi membangun backlink yang berkualitas"

Posting Komentar

==> Berkomentarlah dengan sopan, No SARA, No Pornografi
==> Jangan menyertakan "link aktif" maupun "link mati"
==> Jangan promosi dan menggunakan modus Anonimous
==> Jika ingin mendapat backlink, gunakan modus Name/Url