Faktor-faktor penghambat loading blog

Blogger Pemula, no speed blogBlogger Pemula pada artikel ini akan sedikit membahas perihal faktor-faktor penghambat loading blog atau situs. Loading blog yang cepat bukan saja menjadi tuntutan pada masa sekarang, namun lebih menjurus kepada sebuah kebutuhan para blogger yang menginginkan situs atau blognya berkembang serta mampu memenangkan persaingan dengan jutaan blog-blog yang lainnya, yang pasti telah lebih dahulu terindeks oleh Google untuk suatu materi artikel yang sama.

Dengan mempergunakan bantuan online tool Google Pagespeed Insight, kita dapat mengetahui secara jelas faktor-faktor apa saja yang menyebabkan loading blog kita menjadi lambat, bahkan lebih jauh lagi PageSpeed Insight ini juga memberikan saran-saran untuk perbaikan seperlunya. Banyak hal sebetulnya yang menjadi faktor penghambat kecepatan loading sebuah situs atau blog, namun dalam artikel ini tidak akan dibahas secara keseluruhan, hanya dibahas beberapa faktor yang paling potensial menurunkan kecepatan loasing sebuah situs atau blog.

CSS (Cascading Style Sheet)
Apalah artinya suatu blog tanpa adanya kode CSS ?  Seperti yang kita ketahui, CSS merupakan jantungnya suatu blog/website yang kemudian digabungkan dengan berbagai macam kode HTML untuk menciptakan suatu tampilan blog yang bagus, cantik, dan menawan sehingga membuat pengunjung betah untuk duduk berlama-lama di blog/website kita. Namun, ternyata terlalu banyak kode CSS yang menumpuk di dalam sebuah kombinasi script template blog kita justru akan memperlambat loading blog. Apalagi bila ada kode-kode CSS yang saling crash atau bertumpuk karena ada yang double.
 
Javascript / jQuery
Penggunaan javascript/jquery biasanya dikombinasikan dengan kode-kode CSS untuk memperoleh hasil tampilan blog yang cantik, serta menunjang beberapa performa widget, dan memberikan efek-efek tertentu yang tidak cukup diberikan oleh pemakaian kode CSS saja. Akan tetapi, penggunaan Javascript yang terlalu banyak justru akan menambah ukuran halaman blog, bahkan membuat loading blog sangat berat karena penggunaan Javascript menurut saya jauh lebih riskan daripada CSS. Bisa saja dengan adanya javascript blog akan loading dengan sangat cepat, dan bisa juga justru akan menjadi beban loading blog. Dan yang sering terjadi adalah kode-kode javascript ini potensial memblokir render blog.

Widget
Widget tidak kalah penting dalam suatu blog. Hal ini karena penggunaan widget sangatlah membantu pengunjung untuk mendapatkan informasi secara cepat dengan hanya sekali klik saja. Widget-widget ini antara lain Popular Posts, Recent Comments, Label Blog, Random Posts, Artikel Terbaru, Widget Followers seperti Google+, Facebook, dan Twitter, dan lainnya. Akan tetapi, penggunaan widget-widget tersebut secara tidak tepat justru akan menyebabkan blog menjadi berat. Apalagi apabila penempatan sidebar berada di sebelah kiri blog. Mengapa bisa demikian? Menurut hasil googling saya selama ini, ternyata sidebar yang ditempatkkan di sebelah kiri akan diload terlebih dahulu baru kemudian isi konten/artikel blog yang berada di sebelah kanannya. Jadi, bisa kita bayangkan apabila sidebar kita berada di kiri dan dipenuhi banyak widget-widget di atas yang disertai javascript, gambar, bagaimana performa loading blog kita. Tentu lambatnya bukan main.

Gambar

Tentu sobat sudah paham mengapa gambar menjadi salah satu faktor penentu cepat lambatnya loading blog. Hal ini terutama dipengaruhi oleh tempat/lokasi hosting gambar yang kita gunakan. Sejauh ini, saya tidak pernah mengupload gambar di tempat lain selain di blogger sendiri (seperti photobucket, dan lain-lain). Saya lebih menyukai hosting di blogspot karena merupakan tempat penyimpanan gambar internal. Penyimpanan gambar di tempat hosting khusus menurut saya akan menimbulkan banyak faktor lain yang menjadikan gambar tersebut menjadi lambat dimuat saat diterapkan ke dalam website/blog (walaupun belum tentu menjadikan loading blog menjadi lambat).

Dan faktor penentu paling akhir adalah berkaitan dengan faktor koneksi internet di tempat dimana situs atau blog kita di akses. Secepat apapun kita mengupayakan loading blog, namun bilamana koneksi internet tidak mendukung, maka tidak akan ada artinya.

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

0 Response to "Faktor-faktor penghambat loading blog"

Posting Komentar

==> Berkomentarlah dengan sopan, No SARA, No Pornografi
==> Jangan menyertakan "link aktif" maupun "link mati"
==> Jangan promosi dan menggunakan modus Anonimous
==> Jika ingin mendapat backlink, gunakan modus Name/Url