Blogger Pemula, Optimum Blog Speed

Blogger Pemula, optimum blog speedBlogger Pemula dalam artikel ini akan sedikit membahas tentang langkah-langkah menuju Optimum Blog Speed yang dapat kita artikan sebagai upaya menciptakan loading sebuah situs atau blog yang cepat dan tidak membuat pengunjung menunggu terlalu lama. Dengan berlakunya algoritma MobileGeddon per tanggal 21 April 2015 kemarin, optimum blog speed setidaknya menjadi pilihan bagi mereka-mereka yang ingin serius menekuni dunia blogging yang memang penuh dengan persaingan dari jutaan bahkan ratusan juta blog yang telah terindeks oleh Google (sebagai raksasa search engine).

Proses menuju Optimum Blog Speed ini harus dan wajib dilakukan secara sistematis dan terstruktur sejak awal pembentukan sebuah blog (khusus untuk blog-blog yang baru). Pemilihan template blog (untuk platform blogger) yang tepat memang sangat diperlukan dalam hal ini. Jangan kita mudah terlena dengan penampilan serta berbagai macam fasilitas yang disediakan oleh sebuah template blog. Kecepatan loading sebuah blog pertama-tama sangat ditentukan oleh template blog yang memang mendukung untuk itu.

Sebuah rancangan template blog yang lebih banyak menggantungkan dirinya kepada pemakaian teks javascript yang banyak tentu sangat tidak mendukung untuk proses tercapainya Optimum Blog Speed ini. Mayoritas rangkaian kombinasi javascript ini akan menghambat proses loading sebuah blog, apalagi bila rangkaian javascript tersebut di letakkan diantara kode <head> hingga </head>. Peletakan yang demikian ini berpotensi untuk menutup proses loading paruh atas saat blog tersebut sedang di crawl atau di load baik oleh pengunjung maupun oleh search engine. Dalam hal ini penulis telah cukup mengalami masalah dengan pemakaian teks javascript ini, khususnya dalam upaya mencapai Optimum Blog Speed.

Selanjutnya, bilamana kita telah menemukan sebuah template blog yang memadai untuk itu, tentu saja kita masih harus menyesuaikannya lagi, yaitu dengan mempergunakan gambar-gambar postingan blog yang telah terkompress sedemikian rupa (sehingga tidak memberatkan loading blog). Lebih jauh lagi, gambar-gambar ini hendaknya di host di tempat yang terpisah dari blogger sendiri. Dalam hal ini saya lebih suka menggunakan fasilitas Google Site untuk penyimpanan gambar-gambar yang akan dipergunakan di dalam blog Blogger Pemula ini.

Sampai di sini, masalah tentu saja belum selesai, selanjutnya kita harus mampu untuk memilih dan memilah pemakaian widget-widget blog yang tidak berpotensi untuk mengurangi kecepatan loading sebuah situs atau blog. Widget-widget asli bawaan blogger, sangat-sangat tidak direkomendasikan dalam hal ini kecuali widget Popular Post (Entri Populer), dengan catatan harus dilakukan compress pada rangkaian script HTML nya. Widget Alexarank pun tidak luput dari perhatian, dan harus sedapat mungkin dilakukan perbaikan-perbaikan tertentu sebelum dipergunakan dalam sebuah situs atau blog.

Namun demikian, untuk menghasilkan Optimum Blog Speed bukan berarti kita harus menghilangkan semua widget blog dan membuat blog kita hanya menampilkan halaman postingan saja. Salah besar, dan tidak begitu cara penyelesaiannya. Tetap kita menggunakan widget-widget blog yang memang benar-benar diperlukan dengan sedikit perbaikan atau modifikasi tertentu.

Kiranya cukup sampai di sini bagian penghantar menuju Optimum Blog Speed ini, dan akan penulis lanjutkan secara lebih terperinci dalam artikel-artikel mendatang.

Sekedar info tambahan, inilah performa terakhir blog Blogger Pemula ini.

Blogger Pemula, performa terakhir

Related Posts:

Get free daily email updates!

Follow us!

0 Response to "Blogger Pemula, Optimum Blog Speed"

Posting Komentar

==> Berkomentarlah dengan sopan, No SARA, No Pornografi
==> Jangan menyertakan "link aktif" maupun "link mati"
==> Jangan promosi dan menggunakan modus Anonimous
==> Jika ingin mendapat backlink, gunakan modus Name/Url